Senin, 01 Oktober 2012

Lebah bukan hanya penghasil madu



Lebah adalah salah satu binatang yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya madu. Banyak sekali khasiat dari madu yang dihasilkan oleh binatang ini. Namun, banyak orang yang berpikiran bahwa penghasilan seekor lebah hanyalah madu. Hal itu salah… Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari lebah ini.


Salah satunya adalah propolis. Propolis adalah air liur yang dihasilkan oleh seekor lebah. Propolis memiliki banyak khasiat diantaranya adalah penyakit jantung, gagal ginjal, batu ginjal, stroke, hepatitis, dsb. Bahkan ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa propolis dapat mengurangi minus pada mata kita, artinya jika kita tidak bisa melihat jarak jauh tanpa kacamata, dengan propolis mata kita akan kembali normal. Propolis juga bisa berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita karena kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Gimana, apa anda mau coba??
Selain propolisnya, sarang lebah pun juga dapat dimanfaatkan. Banyak restoran-restoran di Indonesia yang memanfaatkan sarang lebah sebagai lauk untuk makan, yaitu dimasak menjadi bothok. Tetapi tidak semua jenis lebah yang sarangnya dapat dimasak menjadi bothok, hanya sarang lebah madu saja yang sering saya temui. Bothok dari sarang lebah ini sangat cocok bagi penderita diabetes. Selain itu, dibalik rasanya yang gurih dan lezat, kandungan gizi dari masakan ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Harganya pun juga sangat bersahabat bagi kantong-kantong kita. Hehehe..

0 komentar:

Posting Komentar